DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN

Selamat Datang di Website Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kota Medan


BIDANG TUGAS SATUAN KERJA PERANGKAT DAERAH (SKPD)

BPMP Sumatera Utara   1033

Badan Kepegawaian Daerah

 

Bidang Tugas: Formasi, Pembinaan dan Kesejahteraan, Pengembangan dan Pemberdayaan SDM, Mutasi dan Pensiun, Informasi dan Data Kepegawaian serta Korp Pegawai Negeri Sipil.

 

Badan Kesatuan Bangsa, Politik dan Perlindungan Masyarakat

 

Bidang Tugas: Pembinaan Ideologi dan Kewaspadaan bangsa, kewaspadaan nasional, pembinaan politik dalam negeri dan perlindungan masyarakat.

 

Badan Penanggulangan Bencana Daerah

 

Bidang Tugas: Pencegahan dan Kesiapsiagaan, Penanganan Darurat, Peralatan dan Logistik, Rehabilitasi dan Rekonstruksi, Kerjasama, Pengendalian dan Evaluasi, Pusat Data dan Informasi BPBD serta Pusat Pengendalian Operasional BPBD.

 

Badan Penelitian dan Pengembangan

 

Bidang Tugas: Pemerintahan dan Pengkajian Peraturan, Sosial dan kependudukan, Ekonomi dan Pembangunan serta Inovasi dan Teknologi.

 

Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah

 

Bidang Tugas: Pengelolaan Anggaran, Perbendaharaan dan Kas Daerah, Akuntansi, Aset serta Pemanfaatan dan Pengamanan Aset.

 

Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah

 

Bidang Tugas: Pengembangan dan Pengendalian Pendapatan Daerah, Pajak Kendaraan Bermotor dan Bea Balik Nama Kendaraan Bermotor, Pajak Air Permukaan, Pajak Bahan Bakar Kendaraan Bermotor dan Pajak Rokok, Retribusi dan pendapatan Lainnya, Samsat, Pusat Informasi Pendapatan serta Penyuluhan Badan Pengelolaan Pajak.

 

Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia

 

BIdang Tugas: Sertifikasi Kompetensi dan Pengelolaan Kelembagaan, Pengembangan Kompetensi Teknis Inti Jabatan Administrasi, Pengembangan Kompetensi Teknis Umum dan Fungsional, Pengembangan Kompetensi Manajerial.

 

Badan Perencanaan Pembangunan Daerah

 

Bidang Tugas: Perencanaa Sumber Daya Manusia dan Sosial Budaya, Ekonomi, Kemaritiman dan Sumber Daya Alam, Sarana Prasarana dan Kewilayahan, Pengendalian dan Evaluasi Perencanaan Pembangunan dan Aplikasi Infomasi Geospasial.

 

Badan Penghubung Daerah Provinsi

 

Bidang Tugas: Hubungan antar Lembaga dan Kemitraan, Pelayanan dan Pembinaan Masyarakat serta Fasilitasi Program, Infomasi dan Promosi.

 

Biro Administrasi Pembangunan

 

Bidang Tugas: Layanan Pengadaan meliputi Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah, Bina SDM dan Distribusi, Infomasi dan Advokasi, Bina Usaha Jasa meliputi Usaha dan Jaringan Jasa konstruksi, Fasilitasi Pengmabngan Hasil Pembangunan, Pengendalian Pembangunan meliputi Bina social Budaya dan Pembangunan, Pengawasan Fisik, Sarana dan Infrastruktur Pembangunan, Administrasi dan Fasilitasi Pekerjaan Umum.

 

Biro Bina Perekonomian

 

Bidang Tugas: Administrasi dan Perekonomian Umum meliputi Perniagaan, Industri dan Promosi, Transportasi dan Pariwisata, Pengembangan Ekonomi Daerah meliputi Ekonomi Masyrakat Kurang Sejahtera, Pembinaan BUMD, Pengendalian Inflasi Daerah, Pengembangan SDA dan Produksi Holtikultura meliputi Pengelolaan Energi, SDA dan Lingkungan Hidup, Pangan dan Pertanian, Perikanan dan Peternakan.

 

Biro Hukum

 

Bidang Tugas: Perundang-undangan meliputi produk hokum dan infomasi hokum, Fasilitasi produk hokum Kabupaten/kota serta Bantuan hokum meliputi sengketa dan penyuluhan HAM.

 

Biro Humas dan Keprotokolan

 

Bidang Tugas: Humas meliputi Pemberitaan, Publikasi dan Dokumentasi, Hubungan antar Lembaga; Pelaynan Media dan Informasi; Keprotokolan meliputi Acara Keprotokolan, Hubungan Keprotokolandan Ketatausahaan Pimpinan.

 

Biro Organisasi

 

Bidang Usaha: Kelembagaan meliputi Kelembagaan Provinsi, Bina Perangkat Daerah Kabupaten/Kota, Data Perangkat Daerah dan Kelembagaan BUMD; Ketatalaksanaan meliputi Tatalaksana Pemprov,BUMD, Pemerintah Kabupaten/Kota; Akuntabilitas dan Analisis Jabatan meliputi Perencanaan dan Penilaian Kinerja, Pengukuran Kinerja dan Buadaya kerja, Analisis Jabatan Fungsional dan Jabatan Fungsional Umum.

 

Biro Otonomi Daerah dan Kerjasama

 

Bidang Tugas: Penataan Daerah dan Hubungan antar Lembaga, Pendapatan Daerah, Fasiltasi Kerjasama Luar dan Dalam Negeri, Penyelenggaraan Otonomi Daerah meliputi Administrasi Kewenangan, Penyelenggaraan Pemda dan Kelengkapan Perangkat Kabupaten/Kota.

 

Biro Pemerintahan

 

Bidang Tugas: Ketertiban dan Ketentraman umum, Pemerintahan Kecamatan, Kelurahan dan desa, Batas antar Negara, provinsi dan kabupaten/kota, toponimi, data wilayah dan kawasan, fasiltasi pertanahan, fasilitasi perangkat wilayah, dekonsentrasi dan tugas pembantuan dan pelaporan dan evaluasi perangkat wilayah.

 

Biro Sosial dan Kesejahteraan

 

Bidang Tugas: Fasilitasi pembinaan keagamaan meliputi kerukunan agama dan mental, Bantuan dan lembaga, Urusan Haji dan wisata rohani, Pendidikan dan keolahragaan, Kebudayaan, Ketenagakerjaan dan Kesehatan, Pembinaan Sosial meliputi kesejahteraan masyarakat, Bantuan dan Rehabilitasi Sosial.

 

Biro Umum dan Perlengkapan

 

Bidang Tugas: Tata Usaha dan kepegawaian sekterariat, Tata usaha staf ahli dan asisten, Bagian rumah tangga meliputi rumah tangga pimpinan, Sekretariat dan operasional mess dan gedung pengadaan dan perawatan dan distribusi serta asset secretariat.

 

Dinas Bina Marga dan Bina Konstruksi

 

Bidang Tugas: Pembangunan dan Pemeliharaan jalan dan jembatan, Bina konstruksi,UPT peralatan, UPT pengujian dan pengendalian mutu, UPT bina marga dan konstruksi medan, binjai, tebing tinggi, siantar, tanjung balai, dolok sanggul ,padang sidempuan, kotanopan, sidikalang, kabanjahe, rantau parapet, sibolga, gunung tua, tarutung, gunung sitoli.

 

Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral

 

Bidang Tugas: Mineral dan Batubara; Geologi dan Air Tanah; Enegi; Ketenagalistrikan; UPT ESDM Wilayah I,II,III,IV.

 

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata

 

Bidang Tugas: Seni, Budaya dan pengembangan ekonomi kreatif, Sejarah dan kepurbakalaan, Pemasaran pariwisata, Objek dan usaha pariwisata, UPT Tanam Budaya, UPT Museum Negeri Prov.

 

Dinas Kehutanan

 

Bidang Tugas: Penatagunaan Hutan; Rehabilitasi Hutan dan Lahan; Pengusahaan Hutan; Perlindungan Hutan; UPT Pengelolaan Hutan Wilayah III, IV, V, VI, VII, VIII, IX, X, XI, XII, XIII, XIV, XV, XVI; UPT Pegelolaan Taman Hutan Raya Bukit Barisan.

 

Dinas Kelautan dan Perikanan

 

Bidang Tugas: Perikanan Budidaya, Pengelolaan dan Pemasaran Hasil Perikanan, Perikanan Tangkap; Kelautan, Pesisir dan Pulau-pulau Kecil; Pengawasan Sumber Daya Kelauatan dan Perikanan; UPT Laboratorium Pembinaan dan Pengujian Mutu Hasil Perikanan, UPT Pembinaan Penangkapan Ikan, UPT Budidaya Ikana Kerasaan, UPT Pelabuhan Perikanan Pantai Pulau Tello, UPT Pelabuhan Perikanan Tanjung Balai Asahan.

 

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil

 

Bidang Tugas: Pelayanan pendaftaran Penduduk; Pelayanan Pencatatan Sipil; Pengelolaan Adminstrasi Penduduk; Pemanfaatan Data dan Inovasi.

 

Dinas Kesehatan

 

Bidnag Tugas: Kesehatan Masyarakat, Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Pelayanan Kesehatan Sumber Daya Kesehatan,UPT RS Khusus Mata, UPT RS Khusus Paru, UPT RS Kusta lau simoom, UPT Laboratorium Kesehatan, UPT Pelatihan Kesehatan, UPT Pelayanan Ambulans, UPT  RS Indrapura.

 

Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan

 

Bidang Tugas: Ketersediaan dan distribusi pangan; Konsumsi dan keamanan pangan; Kesehatan hewan; Peternakan; UPT kompetensi keamanan  pangan; UPT inseminasi bantuan, UPT kesehatan masyarakat veteriner, UPT aneka ternak dan hewan kesayangan

 

Dinas Komunikasi dan Informatika  

 

Bidang Tugas: Pengelollan informasi public, Pengelolaan komunikasi public, Teknologi infomasi dan komunikasi, Layanan E-Government, UPT Layanan pengadaan secara elektronik, UPT Penyiaran daerah, UPT Keterbukaan informasi public.

 

Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah

 

Bidang Tugas: Pemberdayaan koperasi; Pengawasan dan pemeriksaan; Pemberdayaan Usaha Kecil, UPT Pelatihan Koperasi dan UMKM; UPT Pusat Promosi Usaha Kecil.

 

Dinas Lingkungan Hidup  

 

Bidnag Tugas: Tata Lingkungan; Pengelolaan, Limbah Berbahaya dan Beracun, Persampahan; Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup; Penataan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup, UPT Pengelolaan Kualitas Air Danau Toba, UPT Laboratorium Lingkungan, UPT Pusat Kajian Ekologi Pesisir dan Laut, UPT Pengelolaan Sampah, UPT Pengelolaan Kualitas Air Sungai Belawan-Deli.

 

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa

 

Bidang Tugas: Pemerintahan Desa; kelembagaan Desa; pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa; pembangunan Kawasan Pedesan, UPT lembaga Pemberdayaan Masyarakat dan Desa.

 

Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak

 

Bidang Tugas: Kualitas Hidup Perempuan dan Keluarga; data Infomasi Gender dan Anak; Pemenuhan Hak Anak; Perlindungan Hak Perempuan dan Hak Khusus Anak, UPT Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak.

 

Dinas Pemuda dan Olahraga  

 

Bidang Tugas: Layanan Kepemudaan; Peningkatan Prestasi Olahraga; Pembudayaan Olahraga; Sarana Prasarana dan Kemitraan, UPT Sekolah Kebakatan Olahraga; UPT Pengelola Kawasan Pusat Olahraga.

 

Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu

 

Bidang Tugas: Perencanaan dan Pengembangan; Promosi; Pengawasan dan Pengendalian; pelayanan Perijinan SDA; Pelayanan Perijinan Infrastuktur, Ekonomi dan Sosial.

 

Dinas Pendidikan

 

Bidang Tugas: Pendidikan Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, Pendidikan Khusus, Pembinaan dan Ketenagaan.

 

Dinas Pengendalian Pendudukan dan Keluarga Berencana

 

Bidang Tugas: Keluarga Berencana; Ketahanan dan Kesejahteraan Keluarga; pengendalian Penduduk.

 

Dinas Perhubungan

 

Bidang Tugas: Lalu Lintas jalan; Angkutan Jalan; Pelayanan; Perkerataapian, UPT Pengawasan dan Pengendalian Medan, Tebing Tinggi, Rantau Prapat, Kabanjahe, Kisaran, Siantar, Tarutung, Sibolga, Sidempuan, Gunung Sitoli, UPT Angkutan Danau dan Penyeberangan.

 

Dinas Perindustrian dan Perdagangan  

 

Bidang Tugas: Industri Logam, Mesin, Elekronika, dan Aneka; Industri Kimia Agro dan Hasil Hutan; Perdagangan Dalam Negeri; Perdagangan Luar Negeri; UPT Perlindungan Konsumen dan Pengelolaan Standar Medan, Siantar, Kisaran, Sibolga; UPT Pengujian dan Sertifikasi Mutu Barang Medan, UPT Pusat Pelatihan dan Promosi Ekspor Medan.

 

Dinas Perkebunan

 

Bidang Tugas: Prasarana dan Sarana; Produksi dan Pengembangan; Pengolahan dan Pemasaran; Perlindungan dan Penataan Sumber Daya; UPT Perbenihan, UPT Pengolahan Lahan, UPT Proteksi Tanaman.

 

Dinas Perpustakaan dan Arsip

 

Bidang Tugas: Layanan Perpustakaan dan Teknologi Informasi; Pembinaan SDM dan Kelembagaan; Pengolahan Bahan Pustaka dan Deposit Daerah; Arsip

 

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman

 

Bidang Tugas: Rumah Umum, Rumah Swadaya, Kawasan Permukiman, Prasarana, Sarana dan Utilitas Umum.

 

Dinas Sosial

 

Bidang Tugas: Pemberdayaan Sosial, Rehabilitasi Sosial, Perlindungan dan Jaminan Sosial, Penanganan Fakir Miskin, UPT Pelayanan Sosial Lanjut Usia Binjai, UPT Pelayanan Sosial Usia Kisaran, Rantau Prapat, UPT Pelayanan Sosial Tunarunggu Wicara dan Lanjut Usia Siantar, UPT Pelayanan Sosial Anak dan Lanjut Usia Siborong-borong, UPT Pelayanan Sosial Anak Remaja Tanjung Morawa, UPT Pelayanan Sosial Gelandangan dan Pengemis Binjai, UPT Pelayanan Sosial Tuna Netra Sei Buluh Serdang Bedagai, UPT Pelayanan Sosial Tuna Netra dan Tuna Daksa Tebing Tinggi, UPT Pelayanan Sosial Anak Sidempuan, UPT Pelayanan Sosial Gelandangan dan Pengemis Pinang Sori, UPT Pelayanan Sosial Anak Sidikalang-Kabanjahe, UPT Pelayanan Sosial Wanita Tuna Susila dan Tuna laras Brastagi.

 

Dinas Sumber Daya Air, Cipta Karya dan Tata Ruang

  

Bidang Tugas: Pengembangan Jaringan Sumber Air, Cipta Karya, Tata Ruang, Jaringan Pemanfaatan Air, UPT SDA Wampu Besitang, UPT SDA Lau Renun-Lau Biang, UPT SDA Belawan-Padang, UPT SDA Bah Bolon, UPT SDA Asahan Danau Toba, UPT SDA Kuala-Barumun, UPT SDA Batang Angkola, UPT SDA Batang Gadis-Batang-Natal, UPT SDA Sibundong-Batangtoru, UPT SDA Nias, UPT Cipta Karya Lubuk Pakam, UPT Cipta Karya Rantau Prapat, UPT Cipta Karya Pematang Siantar, UPT Cipta Karya Sibolga, UPT Cipta Karya Padang Sidempuan, UPT Cipta Karya Kabanjahe, UPT Cipta Karya Gunung Sitoli.

 

Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura

 

Bidang Tugas: Sarana dan Prasarana; Tanaman Pangan; Hortikultura; Penyuluhan; UPT Benih Induk Hortikultura; UPT Pengawasan Sertifikasi Benih; UPT Benih Induk Aneka Tanaman; UPT Benih Induk Padi Murni; UPT Benih Induk Palawija; UPT Mekanisasi Pertanian; UPT Perlindungan; UPT Pelatihan dan Pengembangan Sumber Daya Pertanian; UPT Brigade Alat Mesin Pertanian.

 

Dinas Tenaga Kerja

 

Bidang Tugas: Pembinaan dan Penempatan Kerja, Hubungan Industrial, Perlindungan Ketenagakerjaan, Ketransmigrasian, UPT Peningkatan Produktivitas Tenaga Kerja Daerah, UPT Pelatihan Transmigrasi, UPT Tenaga Kerja.

 

Inspektorat

 

Bidang Tugas: Pembinaan dan Pengawasan Pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan terhadapt kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, pemantauan, dan kegiatan pengawasan lainnya.

 

Sekretariat DPRD

 

Bidang Tugas: Perundang-undangan, Persidangan dan Risalah meliputi Perundang-undangan, Pengkajian Hukum, Sidang dan Risalah dalam Mendukung pelaksanaan tugas dan funsi DPRD.

 

Satuan Polisi Pamong Praja

 

Bidang Tugas: Penegakan Perundang-undangan, Ketertiban Umum dan Ketentraman Masyarakat, Sumber Daya Aparatur, Perlindungan Masyarakat.


BUKU TAMU



PESAN DAN SARAN


Kegiatan Bulan April 2021
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930



Maps
Vidio MP3EI
JAJAK PENDAPAT

BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?


STATISTIK WEBSITE

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 482
  Jumlah hits hari ini : 110
  Total hits : 696.626
  Total pengunjung : 5.749
  Jumlah pengunjung online: 1


Download aplikasi Cinlok Medan

Copyright © 2013 DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN V.03 hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 14 Medan 20154, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4514424, +62 61 4511428 e-mail:sekretariat@dinsosnaker-medan.info
Copyright © 2021 DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN V.01 Mobile hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 14 Medan 20154, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4514424, +62 61 4511428 e-mail:sekretariat@dinsosnaker-medan.info

Download aplikasi Cinlok Medan