DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN

Selamat Datang di Website Dinas Ketenagakerjaan Pemerintah Kota Medan


TUGAS POKOK DAN FUNGSI BIDANG HUBUNGAN INDUSTRIAL, KELEMBAGAAN DAN JAMINAN SOSIAL

BPMP Sumatera Utara   2504

Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial dipimpin oleh Kepala Bidang, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Dinas melalui Sekretaris. Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas lingkup hubungan industrial, kelembagaan serta jaminan sosial dan purna kerja. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial menyelenggarakan fungsi :

  • Perencanaan program dan kegiatan Bidang dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Badan untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Bidang untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pendistribusian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyusunan program dan rencana kegiatan Hubungan Industrial, Kelembagaan dan Jaminan Sosial;
  • Penyusunan petunjuk teknis lingkup hubungan industrial, kelembagaan dan jaminan sosial;
  • Pelaksanaan pemantauan dan pendidikan terhadap hubungan industrial di perusahaan;
  • Pelaksanaan pemantauan terhadap pelaksanaan jaminan sosial untuk tenaga kerja di perusahaan;
  • Pelaksanaan verifikasi dan pembinaan terhadap kelembagaan pekerja dan pengusaha;
  • Pelaksanaan monitoring evaluasi dan pelaporan lingkup bidang hubungan industrial, kelembagaan dan jaminan sosial;
  • pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi sebagaimana dimaksud ayat (1) dan (2), Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial membawahi 3 (tiga) Seksi meliputi Seksi hubungan industrial, seksi kelembagaan, dan seksi jaminan sosial dan purna kerja.

SEKSI HUBUNGAN INDUSTRIAL

Seksi Hubungan Industrial dipimpin oleh Kepala Seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial. Seksi Hubungan Industrial mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial Lingkup Hubungan Industrial. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Hubungan Industrial menyelenggarakan fungsi :

  • Perencanaan program dan kegiatan Seksi dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Badan untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Seksi untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Seksi berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencana, program dan kegiatan Seksi Hubungan Industrial;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis lingkup hubungan industrial;
  • Pengumpulan dan pengolahan data lingkup Hubungan Industrial;
  • Pelaksanaan pembinaan dan pendidikan hubungan industrial di perusahaan;
  • Penyiapan bahan dan data pelaksanaan penyelesaian unjuk rasa/pemogokan oleh pekerja ataupun Serikat Pekerja/Serikat Buruh;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan sidang-sidang lembaga kerja sama tripartit;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan, pembentukan lembaga kerja sama bipartit dalam pembentukan lembaga kerja sama bipartit dan tripartit;
  • Penyiapan bahan dan data pelaksanaan pembinaan dan pendidikan hubungan industrial di perusahaan;
  • Penyiapan bahan monitoring evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Penyusunan bahan penyusunan analisis standar harga barang;
  • penatausahaan barang milik daerah;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Seksi meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

SEKSI KELEMBAGAAN

Seksi Kelembagaan dipimpin oleh Kepala Seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Industrial, Kelembagaan, dan Jaminan Sosial. Seksi Kelembagaan mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang Hubungan Industrial, Syarat Kerja dan Purna Kerja Lingkup Organisasi Pekerja, Pengusaha, Pendidikan. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Kelembagaan menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Seksi dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Badan untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Seksi untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Seksi berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencana program dan kegiatan Seksi Kelembagaan Pekerja dan Pengusaha;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis lingkup kelembagaan pekerja dan pengusaha;
  • Pelaksanaan pecantatan dan verifikasi kelembagaan pekerja dan pengusaha;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan kelembagaan pekerja dan pengusaha;
  • Penyiapan bahan monitoring, evaluasi pelaporan dan pelaksanaan tugas;
  • Pelaksanaan Pengendalian dan Pengawasan Aset pemerintah daerah;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Seksi meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

SEKSI JAMINAN SOSIAL DAN PURNA KERJA

Seksi Jaminan Sosial dan Purna Kerja dipimpin oleh Kepala Seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan dan Jaminan Sosial. Seksi Jaminan Sosial dan Purna Kerja mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang Hubungan Industrial, Kelembagaan dan Jaminan Sosial lingkup Jaminan Sosial dan Purna Kerja. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Jaminan Sosial dan Purna Kerja menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Seksi dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Badan untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Seksi untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Seksi berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencan program dan kegiatan Seksi Jaminan Sosial dan Purna Kerja;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis lingkup jaminan sosial dan purna kerja;
  • Pengumpulan dan pengolahan data lingkup jaminan sosial dan purna kerja;
  • Penyiapan bahan dan data pelaksanaan pemantauan program jaminan sosial di perusahaan-perusahaan;
  • Penyiapan bahan data pelaksanaan pemantauan terhadap perusahaan-perusahaan yang belum melaksanakan program jaminan sosial di perusahaan;
  • Penyiapan bahan dan data pelaksanaan pembinaan terhadap perusahaan-perusahaan untuk melaksanakan program perlindungan tenaga kerja dan berkoordinasi dengan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan instansi terkait lainnya;
  • Penyiapan bahan dan data pelaksanaan pembinaan jaminan sosial di perusahaan;
  • Penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Seksi meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

BUKU TAMU



PESAN DAN SARAN


Kegiatan Bulan April 2021
Sen Sel Rab Kam Jum Sab Ming
1234
567891011
12131415161718
19202122232425
2627282930



Maps
Vidio MP3EI
JAJAK PENDAPAT

BAGAIMANA MENURUT ANDA TAMPILAN DAN ISI DARI WEBSITE INI?


STATISTIK WEBSITE

  Jumlah pengunjung hari ini : 1
  Jumlah pengunjung bulan ini: 481
  Jumlah hits hari ini : 1.167
  Total hits : 696.475
  Total pengunjung : 5.748
  Jumlah pengunjung online: 1


Download aplikasi Cinlok Medan

Copyright © 2013 DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN V.03 hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 14 Medan 20154, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4514424, +62 61 4511428 e-mail:sekretariat@dinsosnaker-medan.info
Copyright © 2021 DINAS KETENAGAKERJAAN PEMERINTAH KOTA MEDAN V.01 Mobile hak cipta dilindungi undang-undang
Jl. KH. Wahid Hasyim No. 14 Medan 20154, Sumatera Utara, Indonesia.
Telp. +62 61 4514424, +62 61 4511428 e-mail:sekretariat@dinsosnaker-medan.info

Download aplikasi Cinlok Medan