DINAS KETENAGAKERJAAN
Pemerintah Kota Medan

Berita Terbaru

Bidang Penempatan Tenaga Kerja merupakan unsur lini pada Badan yang dipimpin oleh Kepala Bidang, yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Badan melalui Sekretaris. Bidang Penempatan Tenaga Kerja mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas dinas linkup penempatan tenaga kerja dalam negeri, penempatan tenaga kerja luar negeri, serta informasi pasar kerja dan ketransmigrasian. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Bidang Penempatan Tenaga Kerja menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Bidang dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Dinas untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pelaksanaan penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Bidang untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pendistribusian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyusunan program dan rencana kegiatan bidang penempatan tenaga kerja;
  • Penyusunan petunjuk teknis lingkup penempatan tenaga kerja dalam negeri, luar negeri dan informasi pasar kerja;
  • Pemberian bimbingan pengurusan, penyaluran, dan penempatan tenaga kerja serta perluasan tenaga kerja dalam dan luar negeri;
  • Pemberian informasi ketenagakerjaan;
  • Pelaksanaan proses perijinan dan pelayanan lainnya lingkup penggunaan tenaga kerja asing sesuai dengan urusan Pemerintah Kota;
  • Pelaksanaan pembinaan, pengawasan dan pengendalian lingkup penempatan tenaga kerja dan informasi pasar kerja;
  • Pelaksanaan monitoring evaluasi dan pelaporan lingkup bidang pembinaan dan penempatan tenaga kerja;
  • Pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Bidang meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Sekretaris berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Dinas terkait dengan tugas dan fungsinya.

SEKSI PENEMPATAN TENAGA KERJA DALAM NEGERI

Seksi Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri dipimpin oleh Kepala seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja dalam Negeri. Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang penempatan tenaga kerja lingkup penempatan tenaga kerja dalam negeri. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri  menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Sub Bidang dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Dinas untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Seksi untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Seksi berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencana program, dan kegiatan Seksi penempatan tenaga kerja dalam negeri;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis lingkup penempatan tenaga kerja dalam negeri;
  • Pengumpulan dan pengolahan data lingkup penempatan tenaga kerja dalam negeri;
  • Pelaksanaan proses perijinan dan pelayanan lainnya lingkup tenaga kerja asing sesuai dengan putusan Pemerintahan Kota;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan penempatan tenaga kerja Antar Kerja Antar Daerah (AKAD) Dan Antar Kerja Lokal (AKL);
  • Penyiapan bahan monitoring dan evaluasi penggunaan tenaga kerja warga negara asing;
  • Pendaftaran dan fasilitasi pembentukan Tenaga Kerja Mandiri (TKM);
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan, pengawasan lingkup penempatan tenaga kerja dalam negeri;
  • Penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Seksi meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

SEKSI PENEMPATAN TENAGA KERJA LUAR NEGERI

Seksi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri dipimpin oleh Kepala seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang Penempatan Tenaga Kerja. Seksi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang pembinaan dan penempatan tenaga kerja lingkup penempatan tenaga kerja luar negeri. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Seksi dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Dinas untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Seksi untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Seksi berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencana program dan kegiatan seksi penempatan tenaga kerja luar negeri;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis lingkup penempatan tenaga kerja luar negeri;
  • Pengumpulan dan pengolahan data lingkup penempatan tenaga kerja luar negeri;
  • Pelaksanaan proses perijinan asrama penampungan calon tenaga kerja indonesia (CTKI), rekomendasi pembuatan passport CTKI sesuai dengan urusan Pemerintahan Kota;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan, pengawasan lingkup tenaga kerja luar negeri;
  • Penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Sub Bidang meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.

SEKSI INFORMASI PASAR KERJA DAN KETRANSMIGRASIAN

Seksi Informasi Pasar Kerja dan Ketransmigrasian dipimpin oleh Kepala Seksi, yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Bidang penempatan tenaga kerja. Seksi Informasi Pasar Kerja mempunyai tugas pokok melaksanakan sebagian tugas Bidang penempatan tenaga kerja lingkup informasi pasar kerja dan ketransmigrasian. Dalam melaksanakan tugas pokok sebagaimana dimaksud, Seksi Informasi Pasar Kerja dan Ketransmigrasian menyelenggarakan fungsi:

  • Perencanaan program dan kegiatan Seksi dengan mempedomani Rencana Umum Kota, RENSTRA dan RENJA Badan untuk terlaksananya sinergitas perencanaan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan kebijakan, Standar Operasional Prosedur (SOP) dan standar lainnya lingkup Sub Bidang untuk terselenggaranya aktivitas dan tugas secara optimal dan berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Pembagian tugas,  pembimbingan, penilaian, penghargaan dan penegakan / pemrosesan kedisiplinan pegawai (reward and punishment) lingkup Sub Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan untuk kelancaran tugas;
  • Penyiapan rencana program dan kegiatan Seksi Informasi Pasar Kerja dan Ketransmigrasian;
  • Penyusunan bahan petunjuk teknis Lingkup Informasi Pasar Kerja dan Ketransmigrasian;
  • Pengumpulan dan pengolahan data lingkup Informasi Pasar Kerja dan Ketransmigrasian;
  • Pelaksanaan proses penerbitan Kartu Pencari Kerja (AK.1);
  • Pelaksanaan proses perijinan pendirian LPTKS, BKK, dan rekomendasi bursa kerja sesuai dengan urusan Pemerintahan Kota;
  • Penyiapan bahan pelaksanaan pembinaan, penyebarluasan dan analis Informasi Pasar Kerja Dan Ketransmigrasian;
  • Penyiapan bahan monitoring, evaluasi dan pelaporan pelaksanaan tugas;
  • Penyusunan bahan pengendalian, evaluasi, dan penilaian lingkup Seksi meliputi unsur pelaksanaan perencanaan, unsur pelaksanaan perumusan kebijakan, unsur pelaksanaan tugas, dan unsur-unsur lainnya yang dikoordinasikan oleh Kepala Bidang berdasarkan peraturan perundang-undangan;
  • Penyusunan bahan pelaksanaan kebijakan lainnya berdasarkan peraturan perundang – undangan;
  • Penyampaian laporan hasil pelaksanaan tugas sebagai pertanggungjawaban kepada atasan; dan
  • pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Kepala Bidang terkait dengan tugas dan fungsinya.